ANALISIS BUDAYA JAWA DAN BUDAYA MALUKU

Pendahuluan

            Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, suku – suku,  pulau dan  hasil laut yang luas, setiap daerah diindonesia memiliki kebudayaannya masing – masing, ini yang membuat Indonesia disebut sebagai negara yang unik akan kebudayaanya. Kita dapat menganalisis kebudayaan masing – masing dari setiap daerah yang berbeda, mulai dari bahasa yang digunakan sehari – hari, sifat dan tarian disetiap budayanya. Dalam kesempatan kali ini saya akan menganalisis kebudayaan jawa dan kebudayaan maluku. Dalam melihat masing – masing keunikan budaya jawa dan maluku mempunyai ciri khas budaya yg berbeda – beda, ini yang menambah keunikan ke dua budaya tersebut untuk dianalisis dan dipelajari.

Teori

          Budaya Jawa adalah budaya yang berasal dari Jawa dan dianut oleh masyarakat Jawa khususnya di Jawa TengahDIY dan Jawa Timur. Budaya Jawa mengutamakan keseimbangan, keselarasan dan keserasian dalam kehidupan sehari hari. Budaya Jawa menjunjung tinggi kesopanan dan kesederhanaan. Budaya jawa juga mengajarkan keramahan kepada budaya yg lainya, karena jiwa sosial yang tinggi untuk berkomunikasi baik dengan orang lain dan orang jawa juga masih mempercayai hal – hal mistis yang termasuk salah satu kebudayaan mereka. Dalam budaya jawa, budaya Jawa menghargai semua agama dan pluralitas sehingga dinilai sinkretik oleh budaya tertentu yang hanya mengakui satu agama tertentu dan sektarian.

          Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas dan Molukken adalah provinsi yang ada di Indonesia. Banyak bukti kuat yang merujuk bahwa Maluku memiliki ikatan tradisi dengan bangsa bangsa kepulauan pasifik, seperti bahasa, lagu-lagu daerah, makanan, serta perangkat peralatan rumah tangga dan alat musik khas. Keunikan dari ciri khas mereka umumnya sangat terlihat memiliki kulit gelap, rambut ikal, kerangka tulang besar dan kuat, serta profil tubuh yang lebih atletis dibanding dengan suku-suku lain di Indonesia, dikarenakan mereka adalah suku kepulauan yang mana aktivitas laut seperti berlayar dan berenang merupakan kegiatan utama bagi kaum pria. 

         Budaya Maluku adalah aspek kehidupan yang mencakup adat istiadat, kepercayaan, seni dan kebiasaan lainnya yang dijalani dan diberlakukan oleh masyarakat Maluku.  Maluku adalah sekelompok pulau yang merupakan bagian dari Nusantara. Maluku berbatasan dengan Timor di sebelah selatan, pulau Sulawesi di sebelah barat, Irian Jayadi sebelah timur dan Palau di timur laut.  Maluku memiliki beragam budaya dan adat istiadat mulai dari alat musikbahasatarian, hingga seni budaya. 

Analisis Budaya Jawa :

     Jika dianalisis budaya jawa sangat mengutamakan keseimbangan, keselarasan dan keserasian dalam kehidupan sehari hari, karena 3 aspek tersebut membantu menjaga kelestarian budaya seperti komunikasi yang baik maupun mempertahankan keaslian budaya nenek moyang dan mereka juga menjunjung tinggi kesopanan dan kesederhanaan.

retno-maruti

       Dilihat secara keseluruhan, bahwa budaya jawa mempunyai agama yang menghasilkan agama sendiri yaitu Kejawen. Kejawen berisikan tentang seni, budaya, tradisi, ritual, sikap serta filosofi orang-orang Jawa. Kejawen juga memiliki arti spiritualistis atau spiritualistis suku Jawa. Tetapi mayoritas orang Jawa sekarang menganut agama Islam dan sebagian kecil orang Jawa menganut agama Kristen atau Katolik. Dahulu orang Jawa menganut agama HinduBuddha dan Kejawen. Budaya jawa juga mengajarkan karakteristik kosopanan untuk warganya jika bertemu sesama warga maupun orang dari luar jawa.

    Bahasa Jawa adalah bahasa yang digunakan penduduk suku bangsa Jawa di Jawa Tengah,Yogyakarta & Jawa Timur. Selain itu, Bahasa Jawa juga digunakan oleh penduduk yang tinggal beberapa daerah lain seperti di Banten terutama kota Serang, kabupaten Serang, kota Cilegon dan kabupaten Tangerang, Jawa Barat khususnya kawasan Pantai utara terbentang dari pesisir utara Karawang, Subang, Indramayu, kota Cirebon dan kabupaten Cirebon.

Analisis Budaya Maluku  :

     Jika dianalisis dapat dilihat bahwa Budaya Maluku adalah aspek kehidupan yang mencakup adat istiadat, kepercayaan, seni dan kebiasaan lainnya yang dijalani dan diberlakukan oleh masyarakat Maluku. Maluku  adalah sekelompok pulau yang merupakan bagian dari Nusantara. Maluku berbatasan dengan Timor di sebelah selatan, pulau Sulawesi di sebelah barat, Irian Jayadi sebelah timur dan  Pulau di timur laut. Maluku memiliki beragam budaya dan adat istiadat mulai dari alat musikbahasatarian, hingga seni budaya.

        Bahasa yang digunakan di provinsi Maluku adalah Bahasa Melayu Ambon, yang merupakan salah satu dialek bahasa Melayu. Sebelum bangsa Portugis menginjakan kakinya di Ternate (1512), bahasa Melayu telah ada di Maluku dan dipergunakan sebagai bahasa perdagangan.Bahasa Indonesia, seperti di wilayah Republik Indonesia lainnya, digunakan dalam kegiatan-kegiatan publik yang resmi seperti di sekolah-sekolah dan di kantor-kantor pemerintah.

     Keunikan dari budaya Maluku selain bahasa dan adat istiadatnya, Maluku juga mempunyai keunikan budaya seperti rumah adat Maluku yang dinamakan Baileo. Baileo dipakai untuk tempat pertemuan, musyawarah dan upacara adat yang disebut Saniri Negeri. Rumah tersebut merupakan panggung dan dikelilingi oleh serambi. Atapnya besar dan tinggi terbuat dari daun rumbia, sedangkan dindingnya dari tangkai rumbai yang disebut. Salah satu keunikan rumah tersebut yang menjadi daya tarik orang lain ingin mengetahui lebih dalam budaya maluku.

rumah-adat-maluku-rumah-adat-Baileo-rumah-tradisional-Baileo

      Penduduk Maluku menganut 3 agama utama yaitu Islam sebanyak 50,61%, Kristen Protestan sebanyak 41,40%, dan Katolik sebanyak 6,76% penduduk. Penyebaran agama Islam dilakukan oleh Kesultanan Iha, Saulau, Hitu, dan Hatuhaha serta pedagang Arab yang mengunjungi Maluku. Sementara penyebaran agama Kristen dilakukan oleh misionaris-misionaris dari PortugisSpanyol, dan Belanda.

Makanan Ciri Khas Orang Jawa :

 Sifat Karakteristik Orang Jawa :  

  • Lemah Lembut
  • Sopan
  • Ayu (Cantik)
  • Pendiam
  • Berkomuikasi dengan Baik
  • Bernada Lembut Jika Berbicara

Kesenian Tarian Budaya Jawa :

           Seni Tradisional Jawa adalah karya seni yang diciptakan dan berasal dari Pulau Jawa, Indonesia. Beberapa contoh dari seni tradisional jawa antara lain tari gambyong.

sejarah tari gambyong

Tarian Gambyong

Makanan Ciri Khas Orang Maluku :

  • Sagu Sumbu
  • Bagea
  • Papeda
  • Nasi Lapola
  • Ikan Komu Asar

 Sifat Karakteristik Orang Maluku :     

  • Ramah
  • Berkomuikasi dengan Baik
  • Bernada Tinggi Jika Berbicara
  • Keras

Kesenian Tarian Budaya Jawa :

         Selain daratannya yang penuh eksotisme, Maluku juga dianugerahi keindahan alam bawah laut yang memesona. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu impian destinasi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Selain alamnya, daya tarik daerah ini juga terletak pada keistimewaan seni budayanya. Hal ini bisa dilihat dari tarian tradisionalnya. Berikut adalah 5 tarian yang unik dari Maluku.

Tari-Cakalele

Tarian Cekalele

  • Tari Lenso
  • Tari Cakalele
  • Tari Saureka-reka
  • Tari Bambu Gila

 

Referensi :

Andili Bahar, Profil Daerah Maluku. Jakarta : Dalam Masinambouw, 1988.

Purwadi, 2007, Ensiklopedi adat-istiadat Budaya Jawa, Tangerang : Panji Pustaka

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Budaya_Jawa

https://id.wikipedia.org/wiki/Maluku#Bahasa

Leave a comment